Trump berikan nomor telepon pribadi kepada para pemimpin dunia

Trump berikan nomor telepon pribadi kepada para pemimpin dunia

Internasional – Mantan dan pejabat aktif di pemerintahan Amerika Serikat mengatakan kepada kantor berita the Associated Press (AP), Presiden Donald Trump memberikan nomor telepon pribadinya kepada sejumlah pemimpin dunia dan meminta mereka meneleponnya secara langsung.

Dilansir dari laman Fox News, Rabu (31/5), sumber tersebut menuturkan, Trump meminta Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk menelepon ke ponselnya secara langsung ketimbang memakai saluran yang aman. Trudeau disebut sudah menelepon Trump secara langsung.

Trump sudah beberapa kali mengganti ponselnya dalam beberapa bulan ini dan tidak diketahui ponsel mana yang dia pakai untuk berbincang dengan para pemimpin dunia. AP mengatakan Trump memakai ponsel pribadi. Sebelumnya dikatakan dia mengganti ponsel Androidnya lamanya dengan iPhone Maret lalu. Pekan lalu dilaporkan Trump memakai ponsel Iphone yang hanya berisi satu aplikasi: Twitter.

Di era serba digital ini, para pemimpin dunia yang saling menelepon melalui ponsel tentu bukan hal aneh, tapi dari sisi diplomatik, langkah ini berarti melanggar protokol kepresidenan atau pemimpin negara.

Sejumlah kalangan mengkhawatirkan keputusan Trump itu akan berdampak pada keamanan dan kerahasiaan komunikasi pemimpin negara.

Presiden biasanya menggunakan telepon dengan jalur aman seperti di Gedung Putih, Ruang Oval atau di mobil limosinnya.

“Kalau Anda menelepon di saluran yang terbuka, maka artinya itu sangat terbuka, siapa pun yang punya kemampuan bisa memantau percakapan itu,” kata Derek Chollet, mantan penasihat Pentagon dan pejabat Badan Keamanan Nasional.

“Seorang presiden tidak membawa sebuah ponsel yang jalurnya aman. Kalau seseorang memata-matai, maka semua yang Anda katakan bisa diketahui orang lain,”: lanjut Chollet.

Trump juga dilaporkan saling bertukar nomor telepon dengan Macron ketika dia baru saja terpilih sebagai presiden Prancis awal bulan ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*