Ingin Punya Pelat Nomor Cantik Mobil, Berapa Biayanya?

Ingin Punya Pelat Nomor Cantik Mobil, Berapa Biayanya?

Memiliki kendaraan pribadi semisal mobil tentunya memerlukan nomor polisi (nopol) sebagai Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Nopol ini juga berfungsi sebagai identitas kendaraan yang wajib melekat pada kendaraan, baik sepeda motor atau mobil.

Sebab nopol ini terdiri dari campuran angka dan huruf, tidak sedikit dari kita yang membuat nopol sesuai keinginan atau biasa disebut “nopol cantik”.

 

 

Nopol standar biasanya terdiri dari sederet angka dan huruf kendaraan, sedangkan nopol cantik biasanya berupa campuran angka dan huruf yang unik dan merujuk ke kata tertentu. Selain itu, bisa juga penggunaan angkanya dikurangi menjadi angka khusus, seperti seri B 38 AS misalnya.

Tahukah Anda bahwa untuk membuat nopol cantik memerlukan bujet yang lebih tinggi dari nopol standar biasa.

Berikut ini beberapa fakta yang menunjukkan bahwa membuat nopol cantik untuk kendaraan memang memerlukan budget yang cukup tinggi dan merupakan pemborosan seperti dikutip

 

 

1. Makin Jarang Angka dan Huruf yang Digunakan, Makin Mahal Harganya

Memilih nopol cantik konsekuensinya adalah biaya yang dibayarkan mahal harganya. Sebab angka dan huruf yang tertera semakin sedikit. Untuk NRKB pilihan 1 angka dihargai Rp 15 juta-Rp 20 juta. Untuk 2 angka dihargai Rp 10 juta-Rp 15 juta. Sementara untuk 3 angka Rp 7,5 juta-10 juta dan untuk 4 angka berkisar dari Rp5 juta-Rp 7,5 juta.

2. Sama Seperti Nopol Lainnya, Masa Berlakunya Hanya 5 Tahun

Setelah Anda membayar biaya nopol cantik sesuai ketentuan yang ada, perlu diketahui juga bahwa masa berlaku nopol cantik ini sama seperti nopol lainnya hanya 5 tahun.

Ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sesudah masa 5 tahun berakhir, Anda wajib melakukan daftar ulang seharga pembayaran awalnya.

 

<>

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*